Latihan UTS :
1.Terangkan menurut anda pribadi definisi dan manfaat dari komputer ?
Alat elektronik yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat menerima masukan (input) berupa informasi dan mengolahnya menjadi keluaran (output) dalam bentuk informasi dengan format lain atau kesimpulan.
Komputer digunakan sebagai alat bantu untuk mengolah,menyimpan,dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan.
2. Berikan contoh penggunaan komputer atau sistem komputer pada kegiatan manusia seperti :
a. Perbankan
v  Informasi pelanggan
v  Informasi produk atau layanan
v  Laporan Keuangan
v  Aplikasi Kredit
v  Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan debit)
v  Penyimpanan data
v  Pemrosesan transaksi secara on-line
v  Pembayaran tagihan secara on-line
b. Perdagangan
v  Untuk scanning barcode kode barang dagangan
v  Memproses data transaksi dalam jumlah yang banyak.
v  Menyimpan hasil transaksi, persedian barang-barang (stock).
v  Pembuatan laporan keuangan, faktur, surat-surat, dokumen dan lain-lain
c. Industri
untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi
v  CNC (Computer Numerical Control) untuk pengawasan numeric atau perhitungan
v  CAD – Computer Aided Design untuk merancang produk industri misal : mobil, dll
v  Penggunaan robot yang dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.
d. Transportasi
       Di Negara lainnya banyak kereta yang sudah dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer.
v  Komputer digunakan untuk mengontrol kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan.
v  Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet.
v  penjualan tiket di terminal , bandara, dan stasiun yang dapat dilayani dengan cepat menggunakan komputer
e. Rumah Sakit
v  Membantu dokter dalam mendiagnosis penyakit pasien.
v  CAT – Computer Axial Tomography untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X
v  SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif  untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
3.Terangkan menurut anda pribadi definisi dan perkembangan dari sistem operasi ?
a.Sistem Operasi sebagai Extended Machine (Perluasan Mesin)
Pendekatan fungsi ditinjau dari arah pengguna atau top down view.
o   Dilakukan berdasarkan pada kenyataan bahwa struktur internal sistem komputer pada aras bahasa mesin sangat primitif dan tidak fleksibel untuk pemrograman terutama untuk proses input/output.
o   Sistem operasi dibuat untuk menyembunyikan keadaan sesungguhnya dari perangkat keras dengan tampilan yang menyenangkan dan mudah digunakan
Disini sistem operasi berperan sebagai penyedia interface yang sesuai berupa perluasan mesin (extended machine) atau mesin semu (virtual machine).
     Apa itu Sistem Operasi ?
     Sistem Operasi sebagai Resources Manager (Pengelola Sumber daya )
     Pendekatan fungsi ditinjau dari arah perangkat keras atau bottom up view.
     Sistem operasi beperan untuk mengatur, mengorganisasikan, mengoperasikan secara keseluruhan bagian sistem yang kompleks
      Sistem operasi mengontrol alokasi sumberdaya sistem komputer (pemroses, memori, piranti I/O) untuk berbagai program yang akan memakainya
4. Bagaimana menurut anda tentang teknologi 5G apakah sudah siap di terapkan di negara kita Indonesia ?
Sudah siap, Karena disisi teknologinya Indonesia sudah memadai, selain itu juga beberapa operator seluler sudah melakukan berbagai ujicoba 5G, misal Telkomsel menguji coba di wilayah stadion GBK saat Asian games 2018 kemarin, kemudian XL menguji coba 5G untuk smart city di Pemprov Jakarta dalam bentuk transportasi cerdas, pengelolaan air, sampah, dan kamera keamanan. Jadi tinggal menunggu launchingnya 5G di Indonesia.
5. Smart City sedang gencar di lakukan di negara kitu. Menurut anda apa itu smart city serta berikan contoh teknologi nya ?
Kota yang memanfaatkan komputer, internet, dan teknologi informasi, untuk memberikan solusi atas masalah atau mengelola potensi yang dimiliki kota/wilayang bersangkutan.
smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga.
1. Augmented Reality ( AR)

2. Mobil Listrik

3. NFC ( Near Field Communication)

4. Internet Of Things

5. iBeacon

6. Pada Sistem Komputer terdapat 3 element sebutkan apa saja element tersebut dan jelaskan ?
     HARDWARE
Yaitu peralatan komputer yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah. Hardware merupakan  peralatan penting agar komputer dapat berfungsi.
     SOFTWARE
Yaitu : Program yang berisi instruksi / perintah untuk melakukan pengolahan data. Merupakan satu set instruksi komputer yang digunakan untuk memanipulasi data.
     BRAINWARE
Yaitu : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Secanggih apapun komputer tanpa brainware, komputer itu tidak akan berarti.
7. Terangkan menurut anda pribadi apa definisi dari masyarakat dan apa saja syarat terbentuknya suatu masyarakat ?
Masyarakat merupakan struktur organisasi yang muncul sebagai akibat dari adanya perbedaan di antara berbagai kelompok yang terpisah di bidang ekonomi (Karl Max).
Masyarakat merupakan organisasiyang terdiri atas manusia-manusia di dalamnya, yang salih berhubungan satu sama lain (Hartono).
Masyarakat merupakan sekelompok manusia yang tinggal bersama-sama dan menciptakan kebudayaan (Selo Sumardjan).
Jadi kesimpulannya masyarakat merupakan bentuk dari interaksi antar manusia sebagai makhluk sosial sekaligus makhluk pribadi.
Syarat-syarat terbentuknya suatu masyarakat yaitu sebagai berikut;
     Setiap individu yang ada di dalam kelompok masyarakat tersebut saling membutuhkan satu sama lain dalam bentuk hubungan timbal balik.
     Di dalam kelompok masyarakat tersebut terdapat struktur yang jelas , dengan proses-proses yang terjadi dan berkelanjutan .
     Didalam masyarakat memiliki etika hukum untuk menunjang kehidupan agar tertata dengan baik. Etika merupakan nilai yang berhubungan dengan akhlak baik yang di patuhi bersama oleh sekelompok individu.
8. menurut anda apa itu Internet of Things bisa terangkan definisi nya dan contoh aplikasinya ?
Internet of Things (IoT) adalah jaringan objek fisik atau "benda" yang terdiri dari  benda elektronik, perangkat lunak, sensor, dan konektivitas jaringan, yang memungkinkan objek-objek ini mengumpulkan dan bertukar data.
Sebagai contoh yaitu penyiraman tanaman otomatis,  pendeteksi penanggulangan hama, smart agriculture dan lain sebagainya.
Sebagai contohnya yaitu adanya teknologi pemantau pasien jarak jauh, sensor khusus yang dibuat pada sepatu untuk mengurangi nyeri pada kaki dan lain sebagainya.
Sebagai contoh penerapannya yaitu remote control garasi melalui smartphone, alarm pendeteksi maling dan lain sebagainya.
Sebagai contoh nya yaitu Sistem Monitor Untuk Anak Sekolah dan lain sebagainya.         
Sebagai contoh yaitu monitoring perahu nelayan saat sedang tidak melaut, Payung Florabrella yang dapat menginformasikan perkiraan cuaca bagi nelayan yang akan melaut dan banyak lagi.
9. Apa itu Digital Literacy jelasakan serta beri contoh dampak positif dan dampak negatif nya ?
Digital Literacy adalah kemampuan untuk secara efektif dan kritis menavigasi, mengevaluasi dan membuat informasi dengan menggunakan berbagai teknologi digital.
            Dampak Positif :
Perkembagan teknologi yang sangat pesat
Semakin berkembangnya layanan dan fasilitas berbasis internet
Memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi.
            Dampak Negatif :
Pencurian data dan informasi rahasia terhadap suatu perusahaan, organisasi dan negara
Meningkatnya pelanggaran privacy seseorang
Meningkatnya penipuan secara digital
Pornografi, kekerasahan yang ditampilkan untuk konsumsi publik
10. Apa itu Digital DIvide jelaskan serta sebutkan faktor-faktor penyebabnya ?
Digital Divide adalah sebuah bentuk dan kondisi kesenjangan (gap) diantara masyarakat yang tahu (memilikipengetahuan ) terhadap teknologi digital dengan masyarakat yang tidak tahu sama sekali (butateknologi digital ).
Factor -faktor penyebab terjadinya digital divide
Penyediaan infrastruktur yang belum merata, infrastruktur dalam hal ini adalah ketersediaan askes jalan raya,air,listrik,hingga internet.
Pembangunan yang belum merata di setiap daerah.
Kurangnya kerjasama pemerintah,masyarakat,swasta,akademis
Kurangnya kepedulian masyarakat
Perbedaan pola hidup masyarakat
Regulasi yang berbeda pada setiap daerah
11. Apa itu Digital Knowledge jelaskan serta sebutkan faktor-faktor penyebabnya ?
Knowledge Divide adalah kesenjangan pengetahuan (bentuk kesenjangan di dalam memperoleh dan bagi berbagai pengetahuan).
Faktor–faktor penyebab knowledge divide:
Ketidak merataan askes internet
Ketidak merataan infrastruktur dan pembangunan
Pola pikir dan kebiasaan masyarakat
Kebijakan pemerintah setempat
Minat baca tulis dan berbagi pengethuan yang kurang pada diri masyarakat
Biaya hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakat
12. Menurut anda apa hubungan Digital DIvide dan Digital Knowledge ? serta apa upaya yang dapat di lakukan untuk mengatasinya ?
Hubungan Antara Digital Divide Dan Knowladge Digital
Digital divide adalah kondisi terjadinya kesenjangan digital secara individu maupun masyarakat secara umum dalam memeroleh akses dan layanan berbais digital,sehingga memicu terjadinya digital inequality dan knowledge digital. Dari ketiga istilah ini saling berhubungan,sehingga apabila dilakukan penghapusan terhadap digital divide maka dengan sendirinya permasalahan digital ineliquality dan digital divide juga ikut terselesaikan.
UpayaPenghapusan Digital Divide dan Knowledge Divide
Gerakan internet masuk kedesa
Sosialisasi penggunaan perangkat lunak open source
Perbaikan dan penambahan infrastruktur oleh pemerintah
sosialisasi baca tulis dan gitalisasi masyarakat
Meningkatkan semangat untuk belajar dan berbagi di masyarakat.
13. Jelaskan definisi dari Digital Literacy , serta berikan contoh pemanfaatannya pada bidang pendidikan ?
Digital Literacy adalah kemampuan untuk secara efektif dan kritis menavigasi, mengevaluasi dan membuat informasi dengan menggunakan berbagai teknologi digital.
Sekolah terus memperbarui kurikulum mereka untuk Digital Literacy, untuk mengikuti  percepatan perkembangan teknologi. Seperti halnya berisi komputer di dalam kelas, penggunaan  perangkat lunak pendidikan untuk mengajarkan kurikulum, dan materi kursus yang dibuat tersedia untuk siswa secara online. Guru sering mengajarkan keterampilan Digital Literacy untuk siswa yang menggunakan komputer untuk penelitian. Keterampilan tersebut termasuk memverifikasi system kredibel online dan bagaimana untuk mengutip situs web. Google dan Wikipedia yang digunakan oleh siswa untuk penelitian kehidupan sehari-hari. Pendidik sering diharuskan untuk disertifikasi dalam Digital Literacy untuk mengajar software tertentu dan lebih prevalently, untuk mencegah  plagiarisme di kalangan mahasiswa.
14. Sebutkan ciri ciri orang yang mempunyai kemampuan Digital Literacy menurut doyle ?
15. sebutkan unsur-unsur literasi yang anda tahu menurut Eisenberg,Lowe dan Spitzer serta berikan contoh nya ?
Unsur-unsur dalam literasi informasi menurut Eisenberg, Lowe, Spitzer
a. Literasi Gambar (Visual Literacy), yaitu suatu kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar termasuk pola kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut.  Visual literacy dibedakan menjadi tiga yaitu visual learning, visual thinking, dan visual communication.
b. Literasi Media (Media Literacy), yaitu suatu kemampuan untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik menurut National Leadership Conference on Media Literacy.
c. Literasi Komputer(Computer Literacy), yaitu suatu kemampuan untuk menciptakan dan memanipulasi dokumen dan data menggunakan perangkat lunak pengolah kata, pangkalan data, dan sebagainya.
d. Literasi Digital (Digital Literacy), yaitu suatu keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital.
e. Literasi Jaringan (Network Literacy), yaitu suatu kemampuan untuk dapat mengakses, menempatkan, dan menggunakan informasi dalam dunia berjejaring misalnya internet.
16. Pada Dunia kerja biasanya ada sertifikat terkait dengan digital literacy dalam berbagai bidang ilmu komputer. Bisa sebutkan beberapa berserta contoh dan penjelasan nya ?
18. Sebutkan Model Bisnis Umum pada E-commerce yang anda ketahui serta jelaskan model bisnis tersebut ?
1.Direct to customer, yaitu melakukan penjualan melalui hubungan yang terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggannya;
2. full-service Provider, yaitu menyediakan berbagai fasilitas dan jasa (sumber daya) yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasi bisnisnya;
3.Whole of Enteprise, yaitu menawarkan fasilitas satu pintu (single point of contact) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yang melibatkan banyak pihak (perusahaan);
4.Intermediaries, yaitu menjadi perantara (broker) dari berbagai jenis keperluan (berdasarkan data, informasi, segemen industri, komunitas, dsb)
5. Shared Infrastructure, yaitu menawarkan penyewaan terhadap berbagai infrastruktur teknologi informasi, meliputi database, aplikasi, perangkat keras, dan jaringan;
6. Virtual Community, yaitu memanfaatkan komunitas yang ada di dunia maya untuk berbagai keperluan seperti penwaran berbagai produk dan jasa digital;
7. Value Net Integrator, yaitu mengintegrasikan berbagai entiti atau sumber daya yang ada di internet agar produk-produk atau jasa-jasa baru yang belum pernah ada sebelumnya dapat ditawarkan kepada padar dan calon pelanggan;
8. Content Provider, yaitu menawarkan pelayanan pembentukan dan distribusi data, informasi, knowledge(content) yang bernilai tinggi kepada pelanggan.
9. InfoMediary yaitu kemampuan dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi secara cepat dengan adanya virtual community.
10. Procurement yaitu menawarkan jasa dalam mengurangi cost diantaranya yang berkaitan dengan biaya penyimpanan barang(inventory cost) dan biaya administrasi (overhead).
19.Apa saja perbedaan biaya yang harus di perhitungkan dalam membuat Software as a service e-commerce dan tradisonal e-commerce. Serta apa kelebihan dan kekurangan nya di antara kedua itu?
20.Dalam E-commerce terdapat business plan , business case dan technical document. Sebutkan definisi dari ketiga hal tersebut di atas ?
Bisnis plan adalah suatu pedoman yang menjabarkan rancangan manajemen bisnis dari awal terbentuk sampai nanti evaluasi dari bisnis yang berjalan tersebut.atau Business Plan adalah sarana komunikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, dan penyandang dana.
Business case merupakan kumpulan asumsi tentang bagaimana nilai diciptakan. Asumsi ini harus diuji untuk memastikan bahwa hasil yang diharapkan dapat dicapai.
Technical document adalah Teknik yang biasa di gunakan dalam menyiapkan data data yang di butuhkan untuk mengembangkan suatu bisnis.
21 Apa Pengertian bisnis dan E-bisnis . serta sebutkan perbedaan dari kedua hal tersebut?
Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya : Bisnis Pertanian, Bisnis Produksi Bahan Mentah, Bisnis Perdaganan Besar/ Kecil
Electronic Business atau E-Business adalah suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis.
Contohnya shoope,olx,mall dll
Perbedaan nya yaitu:
-Bisnis tidak menggunakan media elektronik maupun internet sedangkan e business menggunakannya
-kekurangan dari e business yaitu kita tidak bisa tahu secara jelas siapa yang memesannya,sedangkan business kita bisa tahu siapa yang memesannya secara jelas
-e business lebih rentan terhadap penipuan di banding business
22. Sebutkan element ada e-business beserta peranan nya ? contohnya kalau ada .
        1.COMPETITIVE STRATEGY
Competitive strategy diperlukan didalam e-business sebagai sebuah strategi yang dilakukan agar bisnis dapat bersaing dengan sehat dan memenangkan persaingan tersebut.
        2. BUSINESS STRATEGY
Business strategi diperlukan sebagai  strategi yang dilakukan agar bisnis dapan berjalan dengan sukses. termasuk pemanfaatan media dan teknologi internet & komputer untuk menjalankan bisnis tersebut.
        3. VALUE CHAIN
Peran dari value chain (rantai nilai) antara lain untuk memudahkan didalam proses produksi barang dan jasa, proses pemasaran dan distribusi, proses penjualan atau pemasaran, proses desain, pengembangan dan riset produk serta membantu dalam memberikan layann dan dukungan teknik kepada konsumen.
       4. EMPLOYESS
Employess mngacu kepada asset penting didalam bisnis berupa para tenaga kerja yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan e-bisnis dan peningkatan kemampuan tenaga kerja.
        5. COSTUMER
Costumer merupakan salah satu pelaku didalam kegiatan transaksi dan bisnis. Customer mengacu kepada para pembeli, pelanggan, konsumen dalam bisnis.
        6. MARKET SEGMENT
Market segment atau bagian pasar dari pemasaran produk dan jasa bisnis merupakan wujud dari respon terhadap adanya competitive strategi. Market segment perlu dilakukan agar bisnis bisa berjalan dengan baik.
        7. BUSINESS UNIT
Business unit atau unit-unit bisnis merupakan bagian dari e-business dengan memanfaatkan adanya value chain, employess serta business strategy
23. Faktor apa saja yang mempengaruhi implementasi e-business di indonesia menurut anda ?
Biaya (cost)
E-Business perlu menjamin terjadinya cost efficiency melalui efisiensi waktu atau volume penjualan yang lebih besar dengan melakukan optimasi pada proses logistik langsung dari warehouse ke pembeli.
 Komersial (commerce)
Memaksimalkan keuntungan (profitabilitas) dilakukan dengan melakukan reengineering seluruh proses bisnis sehingga selain menurunkan biaya operasional juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya menaikkan volume penjualan. 
Konten (content)
Informasi tentang produk atau layanan, berita yang selalu up to date, informasi yang berguna misalnya tip, advice, variasi produk atau layanan pendukung yang dibarengi dengan kualitas produk dan layanan yang prima sehingga pelanggan merasa dilayani secara personal merupakan kunci sukses utama.
Komunitas (community)
Komunitas merupakan media tempat pertukaran pengalaman, membentuk interest group sehingga menjadi sarana yang efektif untuk membentuk opini pelanggan, membangun permintaan (generate demand) dan melindungi kepentingan pengguna maupun pelaku.
Kenyamanan (convenience)
Kenyamanan dalam melakukan transaksi online merupakan salah satu kunci sukses. Navigasi yang mudah, cepat, dan informatif akan membuat pengguna menyukai cara bertransaksi online.
Konektifitas (connectivity)
Ketersediaan koneksi yang cepat jugamerupakan faktor penentu kesuksesan transaksi online. Respon yang cepat dan tidak terputus akan membuat pengguna merasakan manfaat yang nyata dari e-Business.
24. apa perbedaan serta persamaan E-commerce dan E-business secara umum ?
E-Commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau pengantian produk, pelayanan dan informasi dengan menggunakan jaringan internet.
E-Business adalah adalah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen/ klien, bertukar data dalam satu Perusahaan dengan menggunakan internet.
perbedaan:
1.E-business hanya melibatkan pemasaran , perancangan produk , evaluasi layanan konsumen, dan lain-lain.
2.E-business lebih luas dalam lingkup serta e-commerce hanya ialah satu aspek atau satu bagian dari e-business.
3.E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet.
4.E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
Persamaan dari e-commerce dan e-business terletak pada tujuan utamanya yaitu
1.memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.
2.E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.
25. Berikan Contoh Ancaman keamanan untuk E-commerce serta berikan solusi pencegahan nya ?
Ancaman Keamanan Pada Sistem E-Commerce
-        Pencegatan data , pembacaan dan modifikasi data secara tidak sah.
-        Puncurian data terhadap orang yang tidak bertanggung jawab.
-        Kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh orang-orang yang  identitasnya tidak diketahui.
-        Akses yang tidak sah oleh seseorang terhadap data milik orang lain.
Solusi Ancaman Keamanan Sistem E-Commerce
-        Enkripsi  (penyandian data), Metode enkripsi atau yang lebih dikenal dengan kriptografi (cryptograph) adalah metode penyandian suatu pesan atau data yang terkirim melalui jaringan publik dengan menggunakan kunci-kunci (keys) tertentu.
-        Otentifikasi  (Melakukan verifikasi terhadap identitas pengirim dan penerima)
-        Firewall  ( Menyaring serta Melindungi lalu lintas data di jaringan atau server). Firewall akan bertindak sebagai pelindung atau pembatas terhadap orang-orang yang tidak berhak untuk mengakses jaringan kita.