Latihan
UTS :
1.Terangkan
menurut anda pribadi definisi dan manfaat dari komputer ?
Alat elektronik yang terdiri
dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat menerima masukan (input)
berupa informasi dan mengolahnya menjadi keluaran (output) dalam bentuk
informasi dengan format lain atau kesimpulan.
Komputer digunakan sebagai
alat bantu untuk mengolah,menyimpan,dan mengambil kembali data atau
informasi yang diperlukan.
2. Berikan contoh penggunaan
komputer atau sistem komputer pada kegiatan manusia seperti :
a.
Perbankan
v
Informasi pelanggan
v
Informasi produk atau layanan
v
Laporan Keuangan
v
Aplikasi Kredit
v
Sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit dan
debit)
v
Penyimpanan data
v
Pemrosesan transaksi secara on-line
v
Pembayaran tagihan secara on-line
b. Perdagangan
v
Untuk scanning barcode kode barang dagangan
v
Memproses data transaksi dalam jumlah yang
banyak.
v
Menyimpan hasil transaksi, persedian
barang-barang (stock).
v
Pembuatan laporan keuangan, faktur,
surat-surat, dokumen dan lain-lain
c. Industri
untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi
v CNC (Computer Numerical Control) untuk
pengawasan numeric atau perhitungan
v CAD – Computer Aided Design
untuk merancang produk industri misal : mobil, dll
v Penggunaan robot yang
dikendalikan oleh komputer dari jarak jauh.
d. Transportasi
• Di Negara lainnya banyak kereta yang sudah
dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan
satelit dan sistem komputer.
v Komputer digunakan untuk mengontrol kendali
pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, mengontrol
panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan.
v Komputer juga digunakan untuk mengontrol
pesawat ruang angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan
mempelajari keadaan dan isi planet.
v penjualan tiket di terminal , bandara, dan
stasiun yang dapat dilayani dengan cepat menggunakan komputer
e.
Rumah Sakit
v Membantu dokter dalam
mendiagnosis penyakit pasien.
v CAT – Computer Axial
Tomography untuk menggambar struktur otak
dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan
sinar-X
v SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography),
merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk
mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
3.Terangkan menurut anda
pribadi definisi dan perkembangan dari sistem operasi ?
a.Sistem Operasi sebagai Extended Machine (Perluasan Mesin)
Pendekatan fungsi ditinjau dari arah pengguna atau top down view.
o
Dilakukan berdasarkan pada
kenyataan bahwa struktur internal sistem komputer pada aras bahasa mesin sangat primitif dan tidak fleksibel untuk
pemrograman terutama untuk proses input/output.
o
Sistem operasi
dibuat untuk menyembunyikan keadaan sesungguhnya
dari perangkat keras dengan tampilan yang
menyenangkan dan mudah digunakan
Disini sistem operasi berperan sebagai penyedia
interface yang sesuai berupa perluasan mesin (extended machine) atau mesin semu
(virtual machine).
•
Apa itu Sistem
Operasi ?
•
Sistem Operasi
sebagai Resources Manager (Pengelola Sumber daya )
•
Pendekatan fungsi
ditinjau dari arah perangkat keras atau bottom up view.
•
Sistem operasi
beperan untuk mengatur, mengorganisasikan, mengoperasikan secara keseluruhan
bagian sistem yang kompleks
•
Sistem operasi mengontrol alokasi sumberdaya sistem komputer (pemroses, memori, piranti I/O) untuk berbagai program yang akan memakainya
4. Bagaimana menurut anda
tentang teknologi 5G apakah sudah siap di terapkan di negara kita Indonesia ?
Sudah siap,
Karena disisi teknologinya Indonesia sudah memadai, selain itu juga beberapa
operator seluler sudah melakukan berbagai ujicoba 5G, misal Telkomsel menguji
coba di wilayah stadion GBK saat Asian games 2018 kemarin, kemudian XL menguji
coba 5G untuk smart city di Pemprov Jakarta dalam
bentuk transportasi cerdas, pengelolaan air, sampah, dan kamera keamanan. Jadi
tinggal menunggu launchingnya 5G di Indonesia.
5. Smart City sedang
gencar di lakukan di negara kitu. Menurut anda apa itu smart city serta
berikan contoh teknologi nya ?
Kota yang memanfaatkan komputer, internet,
dan teknologi informasi, untuk memberikan solusi atas masalah atau mengelola
potensi yang dimiliki kota/wilayang bersangkutan.
smart city merupakan wilayah kota yang telah mengintegrasikan
teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola sehari-hari, dengan tujuan
untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan
kesejahteraan warga.
1. Augmented Reality ( AR)
2. Mobil Listrik
3. NFC ( Near Field Communication)
4. Internet Of Things
5. iBeacon
6. Pada Sistem Komputer
terdapat 3 element sebutkan apa saja element tersebut dan jelaskan ?
• HARDWARE
Yaitu peralatan komputer yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.
Hardware merupakan peralatan penting
agar komputer dapat berfungsi.
• SOFTWARE
Yaitu : Program yang berisi instruksi / perintah untuk melakukan
pengolahan data. Merupakan satu set instruksi komputer yang digunakan untuk
memanipulasi data.
• BRAINWARE
Yaitu : manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Secanggih apapun komputer tanpa brainware, komputer itu tidak akan berarti.
7. Terangkan menurut anda
pribadi apa definisi dari masyarakat dan apa saja syarat terbentuknya suatu
masyarakat ?
Masyarakat merupakan struktur organisasi yang muncul sebagai akibat dari
adanya perbedaan di antara berbagai kelompok yang terpisah di bidang ekonomi
(Karl Max).
Masyarakat merupakan organisasiyang terdiri atas manusia-manusia di
dalamnya, yang salih berhubungan satu sama lain (Hartono).
Masyarakat merupakan sekelompok manusia yang tinggal bersama-sama dan
menciptakan kebudayaan (Selo Sumardjan).
Jadi kesimpulannya masyarakat merupakan bentuk dari interaksi antar manusia
sebagai makhluk sosial sekaligus makhluk pribadi.
Syarat-syarat
terbentuknya suatu masyarakat yaitu sebagai berikut;
•
Setiap individu yang ada di dalam
kelompok masyarakat tersebut saling membutuhkan satu sama lain dalam bentuk
hubungan timbal balik.
•
Di dalam kelompok masyarakat
tersebut terdapat struktur yang jelas , dengan proses-proses yang terjadi dan
berkelanjutan .
•
Didalam masyarakat memiliki etika
hukum untuk menunjang kehidupan agar tertata dengan baik. Etika merupakan nilai
yang berhubungan dengan akhlak baik yang di patuhi bersama oleh sekelompok
individu.
8. menurut anda apa itu Internet
of Things bisa terangkan definisi nya dan contoh aplikasinya ?
Internet of Things (IoT) adalah jaringan objek fisik atau "benda"
yang terdiri dari benda elektronik,
perangkat lunak, sensor, dan konektivitas jaringan, yang memungkinkan
objek-objek ini mengumpulkan dan bertukar data.
Sebagai contoh yaitu penyiraman tanaman otomatis,
pendeteksi penanggulangan hama, smart agriculture dan lain
sebagainya.
Sebagai contohnya yaitu adanya teknologi pemantau pasien
jarak jauh, sensor khusus yang dibuat pada sepatu untuk mengurangi nyeri pada
kaki dan lain sebagainya.
Sebagai contoh penerapannya yaitu remote control garasi
melalui smartphone, alarm pendeteksi maling dan lain sebagainya.
Sebagai contoh nya yaitu Sistem Monitor Untuk Anak Sekolah
dan lain sebagainya.
Sebagai contoh yaitu monitoring perahu nelayan saat sedang
tidak melaut, Payung Florabrella yang dapat menginformasikan perkiraan cuaca
bagi nelayan yang akan melaut dan banyak lagi.
9. Apa itu Digital
Literacy jelasakan serta beri contoh dampak positif dan dampak negatif nya
?
Digital Literacy adalah kemampuan untuk secara efektif
dan kritis menavigasi, mengevaluasi dan membuat informasi dengan menggunakan
berbagai teknologi digital.
Dampak Positif :
Perkembagan teknologi yang sangat pesat
Semakin berkembangnya layanan dan fasilitas berbasis
internet
Memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi.
Dampak Negatif :
Pencurian data dan informasi rahasia terhadap suatu
perusahaan, organisasi dan negara
Meningkatnya pelanggaran privacy seseorang
Meningkatnya penipuan secara digital
Pornografi, kekerasahan yang ditampilkan untuk
konsumsi publik
10. Apa itu Digital
DIvide jelaskan serta sebutkan faktor-faktor penyebabnya ?
Digital Divide adalah sebuah
bentuk dan kondisi kesenjangan (gap) diantara masyarakat yang tahu
(memilikipengetahuan ) terhadap teknologi digital dengan masyarakat yang tidak
tahu sama sekali (butateknologi digital ).
Factor -faktor penyebab
terjadinya digital divide
Penyediaan infrastruktur yang belum merata, infrastruktur
dalam hal ini adalah ketersediaan askes jalan raya,air,listrik,hingga internet.
Pembangunan yang belum merata di setiap daerah.
Kurangnya kerjasama
pemerintah,masyarakat,swasta,akademis
Kurangnya kepedulian masyarakat
Perbedaan pola hidup masyarakat
Regulasi yang berbeda pada setiap daerah
11. Apa itu Digital
Knowledge jelaskan serta sebutkan faktor-faktor penyebabnya ?
Knowledge Divide adalah
kesenjangan pengetahuan (bentuk kesenjangan di dalam memperoleh dan bagi berbagai
pengetahuan).
Faktor–faktor penyebab knowledge
divide:
Ketidak merataan askes internet
Ketidak merataan infrastruktur dan pembangunan
Pola pikir dan kebiasaan masyarakat
Kebijakan pemerintah setempat
Minat baca tulis dan berbagi pengethuan yang kurang
pada diri masyarakat
Biaya hidup dan tingkat kesejahteraan masyarakat
12. Menurut anda apa
hubungan Digital DIvide dan Digital Knowledge ? serta apa upaya
yang dapat di lakukan untuk mengatasinya ?
Hubungan Antara Digital Divide Dan
Knowladge Digital
Digital divide adalah kondisi terjadinya kesenjangan
digital secara individu maupun masyarakat secara umum dalam memeroleh akses dan
layanan berbais digital,sehingga memicu terjadinya digital inequality dan
knowledge digital. Dari ketiga istilah ini saling berhubungan,sehingga apabila
dilakukan penghapusan terhadap digital divide maka dengan sendirinya
permasalahan digital ineliquality dan digital divide juga ikut terselesaikan.
UpayaPenghapusan Digital Divide
dan Knowledge Divide
Gerakan internet masuk kedesa
Sosialisasi penggunaan perangkat lunak open source
Perbaikan dan penambahan infrastruktur oleh pemerintah
sosialisasi baca tulis dan gitalisasi masyarakat
Meningkatkan semangat untuk belajar dan berbagi di
masyarakat.
13.
Jelaskan definisi dari Digital Literacy , serta berikan contoh pemanfaatannya
pada bidang pendidikan ?
Digital Literacy adalah kemampuan untuk secara efektif
dan kritis menavigasi, mengevaluasi dan membuat informasi dengan menggunakan
berbagai teknologi digital.
Sekolah terus memperbarui kurikulum mereka untuk
Digital Literacy, untuk mengikuti
percepatan perkembangan teknologi. Seperti halnya berisi komputer di
dalam kelas, penggunaan perangkat lunak
pendidikan untuk mengajarkan kurikulum, dan materi kursus yang dibuat tersedia
untuk siswa secara online. Guru sering mengajarkan keterampilan Digital
Literacy untuk siswa yang menggunakan komputer untuk penelitian. Keterampilan
tersebut termasuk memverifikasi system kredibel online dan bagaimana untuk mengutip
situs web. Google dan Wikipedia yang digunakan oleh siswa untuk penelitian
kehidupan sehari-hari. Pendidik sering diharuskan untuk disertifikasi dalam
Digital Literacy untuk mengajar software tertentu dan lebih prevalently, untuk
mencegah plagiarisme di kalangan
mahasiswa.
14. Sebutkan ciri ciri orang
yang mempunyai kemampuan Digital Literacy menurut doyle ?
15. sebutkan unsur-unsur
literasi yang anda tahu menurut Eisenberg,Lowe dan Spitzer serta berikan contoh
nya ?
Unsur-unsur dalam literasi informasi menurut Eisenberg, Lowe, Spitzer
a. Literasi Gambar (Visual Literacy), yaitu suatu kemampuan untuk
memahami dan menggunakan gambar termasuk pola kemampuan untuk berpikir, belajar,
serta mengekspresikan gambar tersebut. Visual literacy dibedakan
menjadi tiga yaitu visual learning, visual thinking, dan visual
communication.
b. Literasi Media (Media Literacy), yaitu suatu kemampuan untuk
mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik
menurut National Leadership Conference on Media Literacy.
c. Literasi Komputer(Computer Literacy), yaitu suatu kemampuan
untuk menciptakan dan memanipulasi dokumen dan data menggunakan perangkat lunak
pengolah kata, pangkalan data, dan sebagainya.
d. Literasi Digital (Digital Literacy), yaitu suatu keahlian yang
berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital.
e. Literasi Jaringan (Network Literacy), yaitu suatu kemampuan
untuk dapat mengakses, menempatkan, dan menggunakan informasi dalam dunia
berjejaring misalnya internet.
16. Pada Dunia kerja
biasanya ada sertifikat terkait dengan digital literacy dalam berbagai bidang
ilmu komputer. Bisa sebutkan beberapa berserta contoh dan penjelasan nya ?
18. Sebutkan Model Bisnis
Umum pada E-commerce yang anda ketahui serta jelaskan model bisnis tersebut ?
1.Direct to customer, yaitu melakukan penjualan melalui hubungan yang
terjalin secara langsung antara perusahaan dengan pelanggannya;
2. full-service Provider, yaitu menyediakan berbagai fasilitas dan jasa
(sumber daya) yang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasi
bisnisnya;
3.Whole of Enteprise, yaitu menawarkan fasilitas satu pintu (single
point of contact) kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yang
melibatkan banyak pihak (perusahaan);
4.Intermediaries, yaitu menjadi perantara (broker) dari berbagai jenis
keperluan (berdasarkan data, informasi, segemen industri, komunitas, dsb)
5. Shared Infrastructure, yaitu menawarkan penyewaan terhadap berbagai
infrastruktur teknologi informasi, meliputi database, aplikasi, perangkat
keras, dan jaringan;
6. Virtual Community, yaitu memanfaatkan komunitas yang ada di dunia
maya untuk berbagai keperluan seperti penwaran berbagai produk dan jasa
digital;
7. Value Net Integrator, yaitu mengintegrasikan berbagai entiti atau
sumber daya yang ada di internet agar produk-produk atau jasa-jasa baru yang
belum pernah ada sebelumnya dapat ditawarkan kepada padar dan calon pelanggan;
8. Content Provider, yaitu menawarkan pelayanan pembentukan dan
distribusi data, informasi, knowledge(content) yang bernilai tinggi kepada
pelanggan.
9. InfoMediary yaitu kemampuan dalam menyampaikan dan mendapatkan
informasi secara cepat dengan adanya virtual community.
10. Procurement yaitu menawarkan jasa dalam mengurangi cost diantaranya
yang berkaitan dengan biaya penyimpanan barang(inventory cost) dan biaya
administrasi (overhead).
19.Apa saja perbedaan biaya
yang harus di perhitungkan dalam membuat Software as a service e-commerce dan
tradisonal e-commerce. Serta apa kelebihan dan kekurangan nya di antara kedua
itu?
20.Dalam E-commerce terdapat
business plan , business case dan technical document. Sebutkan
definisi dari ketiga hal tersebut di atas ?
Bisnis
plan
adalah suatu pedoman yang menjabarkan rancangan manajemen bisnis dari awal terbentuk sampai nanti
evaluasi dari bisnis yang berjalan tersebut.atau Business Plan adalah sarana
komunikasi untuk menarik orang lain, pemasok, konsumen, dan penyandang dana.
Business case merupakan kumpulan
asumsi tentang bagaimana nilai diciptakan. Asumsi ini harus diuji untuk
memastikan bahwa hasil yang diharapkan dapat dicapai.
Technical document adalah Teknik yang
biasa di gunakan dalam menyiapkan data data yang di butuhkan untuk
mengembangkan suatu bisnis.
21 Apa Pengertian bisnis dan
E-bisnis . serta sebutkan perbedaan dari kedua hal tersebut?
Pengertian Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh
perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi,
penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk
mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya : Bisnis
Pertanian, Bisnis
Produksi Bahan Mentah, Bisnis Perdaganan Besar/ Kecil
Electronic Business atau E-Business adalah suatu
kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan melalui perangkat
elektronik atau dengan internet sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi
dengan costumer, supplier maupun rekan bisnis.
Contohnya shoope,olx,mall dll
Perbedaan nya yaitu:
-Bisnis tidak menggunakan media elektronik
maupun internet sedangkan e business menggunakannya
-kekurangan dari e business yaitu kita
tidak bisa tahu secara jelas siapa yang memesannya,sedangkan business kita bisa
tahu siapa yang memesannya secara jelas
-e business lebih rentan terhadap penipuan
di banding business
22. Sebutkan element ada
e-business beserta peranan nya ? contohnya kalau ada .
1.COMPETITIVE STRATEGY
Competitive strategy diperlukan didalam e-business sebagai sebuah
strategi yang dilakukan agar bisnis dapat bersaing dengan sehat dan memenangkan
persaingan tersebut.
2. BUSINESS STRATEGY
Business strategi diperlukan sebagai strategi yang dilakukan agar
bisnis dapan berjalan dengan sukses. termasuk pemanfaatan media dan teknologi
internet & komputer untuk menjalankan bisnis tersebut.
3. VALUE CHAIN
Peran dari value chain (rantai nilai) antara lain untuk memudahkan
didalam proses produksi barang dan jasa, proses pemasaran dan distribusi,
proses penjualan atau pemasaran, proses desain, pengembangan dan riset produk
serta membantu dalam memberikan layann dan dukungan teknik kepada konsumen.
4. EMPLOYESS
Employess mngacu kepada asset penting didalam bisnis berupa para tenaga
kerja yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan e-bisnis dan peningkatan
kemampuan tenaga kerja.
5. COSTUMER
Costumer merupakan salah satu pelaku didalam kegiatan transaksi dan
bisnis. Customer mengacu kepada para pembeli, pelanggan, konsumen dalam bisnis.
6. MARKET SEGMENT
Market segment atau bagian pasar dari pemasaran produk dan jasa bisnis
merupakan wujud dari respon terhadap adanya competitive strategi. Market
segment perlu dilakukan agar bisnis bisa berjalan dengan baik.
7. BUSINESS UNIT
Business unit atau unit-unit bisnis merupakan bagian dari e-business
dengan memanfaatkan adanya value chain, employess serta business strategy
23. Faktor apa saja yang
mempengaruhi implementasi e-business di indonesia menurut anda ?
Biaya (cost)
E-Business perlu menjamin terjadinya cost
efficiency melalui efisiensi waktu atau volume penjualan yang lebih besar dengan
melakukan optimasi pada proses logistik langsung dari warehouse ke pembeli.
Komersial (commerce)
Memaksimalkan keuntungan (profitabilitas) dilakukan
dengan melakukan reengineering seluruh proses bisnis sehingga selain menurunkan
biaya operasional juga meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya
menaikkan volume penjualan.
Konten (content)
Informasi tentang produk atau layanan, berita yang
selalu up to date, informasi yang berguna misalnya tip, advice, variasi produk
atau layanan pendukung yang dibarengi dengan kualitas produk dan layanan yang
prima sehingga pelanggan merasa dilayani secara personal merupakan kunci sukses
utama.
Komunitas (community)
Komunitas merupakan media tempat pertukaran
pengalaman, membentuk interest group sehingga menjadi sarana yang efektif untuk
membentuk opini pelanggan, membangun permintaan (generate demand) dan
melindungi kepentingan pengguna maupun pelaku.
Kenyamanan (convenience)
Kenyamanan dalam melakukan transaksi online
merupakan salah satu kunci sukses. Navigasi yang mudah, cepat, dan informatif
akan membuat pengguna menyukai cara bertransaksi online.
Konektifitas (connectivity)
Ketersediaan koneksi yang cepat jugamerupakan
faktor penentu kesuksesan transaksi online. Respon yang cepat dan tidak terputus
akan membuat pengguna merasakan manfaat yang nyata dari e-Business.
24. apa perbedaan serta
persamaan E-commerce dan E-business secara umum ?
E-Commerce adalah proses pembelian, penjualan, atau pengantian produk, pelayanan dan
informasi dengan menggunakan jaringan internet.
E-Business adalah adalah kegiatan menjalin relasi dengan konsumen/ klien, bertukar
data dalam satu Perusahaan dengan menggunakan internet.
perbedaan:
1.E-business hanya
melibatkan pemasaran , perancangan produk , evaluasi layanan konsumen, dan
lain-lain.
2.E-business lebih
luas dalam lingkup serta e-commerce hanya ialah satu aspek atau satu bagian
dari e-business.
3.E-commerce hanya
mencakup transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan barang serta jasa
melalui internet.
4.E-commerce pada
prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi
uang tidak diperlukan.
Persamaan dari
e-commerce dan e-business terletak pada tujuan utamanya yaitu
1.memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.
2.E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak
penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk
melalui media Internet.
25. Berikan Contoh Ancaman
keamanan untuk E-commerce serta berikan solusi pencegahan nya ?
Ancaman Keamanan Pada Sistem E-Commerce
-
Pencegatan data , pembacaan
dan modifikasi data secara tidak sah.
-
Puncurian data terhadap
orang yang tidak bertanggung jawab.
-
Kecurangan (fraud) yang
dilakukan oleh orang-orang yang identitasnya tidak diketahui.
-
Akses yang tidak sah oleh
seseorang terhadap data milik orang lain.
Solusi
Ancaman Keamanan Sistem E-Commerce
-
Enkripsi (penyandian
data), Metode enkripsi atau yang lebih dikenal dengan kriptografi (cryptograph)
adalah metode penyandian suatu pesan atau data yang terkirim melalui jaringan
publik dengan menggunakan kunci-kunci (keys) tertentu.
-
Otentifikasi
(Melakukan verifikasi terhadap identitas pengirim dan penerima)
-
Firewall ( Menyaring
serta Melindungi lalu lintas data di jaringan atau server). Firewall akan bertindak
sebagai pelindung atau pembatas terhadap orang-orang yang tidak berhak untuk
mengakses jaringan kita.
0 Comments