Assalamu’alaikum, Sahabat Instagram 
Beberapa waktu lalu saya menemukan ungkapan yang keren ​banget​ dari 
seorang Seth Godin. 
“Obsessively Specialize! There is no niche too small if it’s yours…” 
Ungkapan inilah yang akhirnya menjadikan saya sadar. Alhamdulillah, 
marilah bersyukur bersama karena saya bisa merubah perjalanan bisnis 
saya dan saya bisa memberikan Anda pelajaran agar tidak mengulang 
hal yang sama. 
Dulu, saya pikir bisnis yang menjual banyak macam produk sekaligus 
akan menjadi bisnis yang memang benar-benar besar dan selalu sukses. 
Alfamart, Indomaret, Superindo​ dan beberapa usaha sejenis itu 
membuktikan kesuksesannya. 
Perkembangan yang sangat pesat ​nggak ​bisa tertahan. Mulai dari 1 
daerah saja, kini mereka menyebar di seluruh Indonesia.  
Bahkan, dalam 1 lokasi saja terkadang ada 3 ​Alfamart ​yang berdekatan. 
Dan jika diperhatikan, 3 tempat tersebut selalu rame pembeli, walaupun 
hanya dalam 1 lokasi. 
Sekedar cerita saja, saya menerapkan sistem banyak macam produk itu. 
Pikiran saya hanya sukses dan mendapat banyak uang, tanpa tahu 
konsekuensi yang harus saya ambil. 
Saya menyesal sekali dan ​nggak ​akan pernah saya ulangi lagi. 
Anda tahu kenapa? 

Sempat saya jatuh karena terpaku pada hasil ideal yang saya inginkan 
dan memaksakannya. Saat itu, saya hanya berpikir menjalankan bisnis 
yang ​nggak​ akan pernah sepi pembeli. 
Akhirnya, saya paksa untuk memilih bisnis yang menjual semua produk 
Instagram. Dengan begitu, saya ​nggak ​perlu khawatir produk saya ​nggak 
laku. 
Misalkan saja, saya menjual 3 jenis produk, A, B, dan C. Produk A kini 
laku keras. Bulan depan karena produk A ​nggak​ viral lagi, produk B yang 
laku. Seminggu lagi, muncul ​trend ​baru lagi, yaitu produk C. Akhirnya, 
produk itu terjual dengan jumlah yang masif. 

Saya untung kan, karena bisnis saya berjalan terus dengan konsentrasi 
yang berbeda dan pendapatan yang terus mengalir? 
Itu yang ada dalam bayangan Anda! Tapi kenyataan ​nggak ​begitu, 
Sahabat. 
Mungkin saja dan bahkan sudah pasti benar kalau produk Anda akan 
terjual semuanya. Tapi, dibalik itu pernahkah Anda berpikir betapa 
sulitnya menentukan strategi agar semua produk tersebut terjual secara 
maksimal! 
Strategi untuk 1 jenis produk saja sudah buat otak dan kepala kayak 
muter dan butuh waktu bertahun-tahun, apalagi 3 produk! 
Jadi, untuk mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal, Anda perlu 
menentukan 1 jenis produk yang menjadi fokus Anda. Itulah yang 
dimaksud dengan ​Niche​
Niche market ​atau disingkat dengan ​niche​adalah ceruk pasar terkecil 
dari keseluruhan market yang ada dengan didasarkan pada preferensi 
tertentu. 

Sekarang, coba Anda pikirkan! Brand atau perusahaan apa yang bisa 
sukses dengan menawarkan beberapa jenis produk special? 
Bandingkan dengan brand atau perusahaan yang hanya menjual 1 jenis 
produk, seperti KFC, Starbucks, Nike! Mana yang lebih sukses? 
Langkah Anda pertama sudah sangat tepat, yaitu memilih Instagram 
sebagai media. Karena faktanya, kini ​brand ​raksasa yang ada di dunia 
juga menggunakan Instagram. 
Dalam Instagram sendiri, semua jenis ​niche ​bisa dilakukan. Tapi, 
menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa institusi social media 
di dunia menyebutkan bahwa ada 5 ​niche ​utama yang benar-benar viral: 
Kuliner; ​mencakup makanan dan travel 
Kecantikan;​ mencakup kosmetik, tata rias, dan model 
Fashion;​ mencangkup hijab, baju, model 
Travel;​ mencakup tempat exotic dan makanan khas 
Health & Fitness;​ gym, program diet, makanan sehat, tips olahraga 
Dalam memilih ​niche​, Anda dituntut untuk memenuhi 3 unsur utama: 
Fungsi; ​apa fungsi ​special ​produk yang Anda tawarkan. Apa beda 
botol minuman Anda dengan produk yang sejenis? Contoh saja 
Anda menawarkan produk botol minuman. Mungkin saja, botol 
minuman Anda elastis dan terbuat dari bahan yang bisa 
menyimpan kandungan nutrisi agar tidak rusak. Itulah fungsi 
sesungguhnya yang diinginkan oleh customer Anda. 
Bentuk;​ apakah yang menyebabkan bentuk fisik produk Anda 
berbeda dengan yang lain? Apakah ada yang special dengan 
bentuk fisik itu? Conto botol tadi. Produk Anda berbeda dengan 
produk lain karena botol Anda didesain khusus yang cocok 
digunakan siapapun, termasuk pelajar, karyawan, dan pelaku 
olahraga. 
Kelebihan & alasan;​ kenapa ​sih​ orang-orang harus memilih produk 
Anda? Masih dalam kasus botol, mungkin saja botol Anda 
menyediakan fitur khusus seperti 
Dengan ​niche ​yang sudah Anda pilih, kemudahan dalam mencari dan 
mengumpulkan followers akan semakin mudah. 
Saya sudah mengalami sendiri; saat saya sudah menentukan produk 
yang benar-benar unik dan berbeda dari yang lain, banyak orang yang 
sudah menanyakan dan membeli produk itu, meskipun mereka belum 
benar-benar mengerti fungsi khusus dari produk itu. 
Namun kembali lagi, ada pengorbanan dan kerja keras yang musti Anda 
lakukan. Paling tidak, menurut pengetahuan dan pengalaman saya 
selama berkecimpung di Instagram, ada 8 cara menuju ribuan followers 
organic: 
Konsisten; ​Disini, Anda dituntut harus upload post minimal 1 tiap 
hari. Inilah yang menjadi indikasi keaktifan Anda dalam bermain 
Instagram. Bahkan, bukan hanya customer saja yang suka, namun 
Instagram juga. Instagram menilai Anda memaksimalkan platform 
tersebut dengan aktif disana dan followers Anda juga senang 
melihat konten yang kreatif dari akun Instagram Anda. 
Konten;​ menggunakan konten dengan 3 pilihan utama, yaitu ​niche​
quotes, ​behind-the-scene​
Shout-outs; ​Shout-out paling efektif yang bisa Anda pilih hanya 
shout-out yang mengandung CTA. Ada 2 macam shout-outs yang 
sangat viral saat ini, yaitu bekerja sama dengan partner yang 
memiliki ​niche ​sama atau menggunakan jasa ​influencer​
Repost;​ menggunakan konten yang bisa di ​repost ​membantu suatu 
konten untuk menjadi viral. Dan kalau sudah viral, akun Anda juga 
akan terkena imbasnya sebagai akun yang terpercaya dan update. 
Instagram pods;​ menggunakan group yang berada dalam 1 jenis 
niche ​tertentu untuk saling mendukung satu sama lain. Cara 
kerjanya sama dengan shout-outs, yaitu suatu konten yang sudah 
dibuat akan di-​share ​dalam group itu dan digunakan dalam 
masing-masing feed akun yang ada dalam group. 
Media;​ ada beberapa media yang bisa Anda gunakan dalam 
menyalurkan dan ​sharing​ konten, yaitu Instagram Live, Instagram 
Story, dan Instagram feed. 
Giveaway;​ cara yang sangat efektif untuk memberikan efek 
engagement ​yang luar biasa dengan mendatangkan traffic dengan 
lead magnet​ yang benar-benar menarik. 
CTA;​ terakhir, Anda perlu sekali untuk memberikan suatu perintah 
jelas tentang apa yang Anda inginkan. Customer mau Anda giring 
kemana itulah yang harus Anda tulis di CTA itu.