Assalamu’alaikum, Sahabat Instagram 
Ada banyak misteri yang ​nggak ​ada jawabannya hingga sekarang, 
tentang penampakan ​soccotra island​, magma cair di Kilauea, dan 
sebagainya. Namun, ada yang lebih penting dari itu, ​waktu​
Banyak sekali pepatah yang berbicara tentang waktu. Pepatah inggris 
menyatakan 
“Time is money…” 
Pepatah Arab menegaskan 
“Time is a sword…” 
Bahkan, saya teringat definisi kata ​waktu​ dari seorang ilmuwan terkenal 
di dunia, Albert Einstein. 
“Time happens in relative dimension…” 
Apa arti dari 3 definisi waktu di atas? 
… Anda nggak akan bisa lepas dari waktu; waktu bisa menjadi 
senjata yang membuat Anda sukses; bahkan, waktu bisa 
membunuh Anda saat nggak digunakan dengan baik … 
Itulah yang bisa saya simpulkan dari 3 pengertian di atas. 
Alhamdulillah hingga saat ini kita masih bisa merasakan indahnya 
bermain dengan waktu. Semua itu ​nggak​ lepas dari kenikmatan Tuhan 
pada kita. Yuk bersyukur bersama! 

Ternyata, ada hikmah penting yang bisa kita petik dari 3 definisi itu. 
Semua sisi kehidupan ​nggak​ akan lepas dari waktu, begitu juga bisnis di 
Instagram. 
… Anda hanya akan membuang waktu dan tenaga saja saat 
membuat konten yang berkualitas. Kenapa? Karena Anda nggak 
memperhatikan waktu saat upload post … 
Itulah yang bisa saya ingatkan pada Anda. 
Apalagi, kemarin Desember saya baru mendapat update terbaru dari 
Instagram kalau algoritma nya akan berubah khusus tentang waktu. 

Perhatikan kalimat pertama dan paragraf kedua yang saya tandai itu! 
“Saat ini kita perkenalkan perubahan untuk memberi Anda kontrol 
yang lebih pada feed Anda dan memastikan bahwa post yang Anda 
lihat memang berdasarkan waktu” 
“Kita udah mendengar kalau bener-bener nggak yangka waktu feed 
Anda tiba-tiba refresh sendiri dan secara otomatis membuat Anda 
pada post yang terbaru. Jadi, saat ini kita sedang menguji “New 
Post” yang memberikan fasilitas Anda untuk refresh feed jika Anda 
mau…” 
Maksudnya gimana ​sih​
Artinya, Instagram memberikan peraturan baru yang menuntut 
pengguna untuk menemukan ​waktu terbaik dalam posting​
Lantas gimana ​nih​ caranya? 
Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetahui 
kapan customer online. 
Sangat sulit tentunya untuk menentukan waktu yang tepat kapan 
customers akan online. Tapi, saya berhasil menemukan sumber kursus 
yang telah melakukan riset. Hasilnya, waktu customers online bisa 
dioptimasi dengan: 
#1 Celah Zona Waktu Tertentu 
Pengguna Instagram walaupun berada dalam 1 negara, ​nggak ​akan 
punya referensi waktu yang sama, kecuali memang mereka berada 
pada zona waktu yang sama. 
Dengan demikian, perbedaan zona waktu inilah yang harus diteliti lebih 
dalam hingga menghasilkan suatu pilihan dan analisa yang kredibel. 
Anda bisa saja berada di Malang dan otomatis Zona waktu Anda juga 
zona waktu Malang. ​Nggak ​impossible dong kalau seandainya Anda 
punya customer orang Sulawesi? 
Pasti waktu dan jam online mereka juga ditentukan oleh zona waktu 
tersebut. Disinilah pentingnya tools Instagram. 
Dulu, Anda harus melakukan riset untuk mengetahui siapa aja dan dari 
mana aja customers Anda itu. Tapi, sekarang Anda dipermudah 
Instagram dengan adanya fitur ​insight​, dimana Anda bisa melihat semua 
detail analisa. 

Dengan begini, Anda bisa menyesuaikan zona customer dengan tepat 
dan memperhitungkan juga kapan waktu yang paling tepat untuk 
posting. 
#2 Lakukan Eksperimen dalam Interval Waktu yang Berbeda! 
Apakah Anda yakin bahwa hanya dengan memberikan zona waktu dan 
interval waktu tertentu saja sudah cukup untuk mendapatkan hasil yang 
maksimal? Bagaimana jika suatu saat followers Anda berubah 
behaviour​
Jadi begini, Sahabat Social Media! 
Kesibukan orang dan pengguna Instagram sangat beragam. Bahkan 
setiap hari tidak bisa diprediksi dengan pasti kapan seorang pengguna 
Instagram akan berada dalam posisi online dan scrolling.  
Bisa saja dalam waktu dan hari sibuk, mereka hanya membuka 
Instagram pada malam hari saja. Namun, di waktu lain, mereka justru 
online hampir seharian penuh. 
Solusi paling masuk akal dari masalah ini adalah gunakan eksperimen 
pada interval waktu yang berbeda. Jika Anda sudah berhasil mengambil 
waktu terbaik masing-masing hari mulai dari Senin hingga Minggu, coba 
saja acak dari waktu terbaik itu. 

Contohnya, Senin sampai Kamis kebanyakan followers Anda online 
pada jam 1 siang. Sedangkan Sabtu Minggu, mereka online pagi dan 
sore. Anda bisa mengacak waktu tersebut.  
Misalkan, Senin tetap jam 1, Selasa berubah menjadi jam 3 sore. Rabu, 
Anda kembalikan pada jam 1 lebih. Kamis-Jum’at, Anda mencoba 
spekulasi pada jam 6 sore. Sabtu Minggu, coba untuk posting dalam jam 
makan siang. 
Lakukan ini hanya untuk seminggu saja.  
Pada minggu kedua, Anda kembali mengacak waktu tersebut. 
Perhatikan mana interval waktu yang benar-benar efektif dan buang 
waktu yang tidak efektif. Jangan pernah melanggar waktu tersebut 
karena dampaknya akan Anda rasakan dengan sangat besar. 
Bagaimana? Apakah Anda sudah cukup mengerti? 
Oh ya, saya punya 3 informasi penting yang harus Anda pikirkan 
baik-baik! 
Satu, ​gunakan analisa perbedaan zona waktu followers​. Artinya, jika 
Anda sudah dikenal masyarakat luas dan berkisar di luar zona waktu 
Anda, maka pastikan untuk menyesuaikan waktu yang pas dengan 
perbedaan tersebut. 
Dua, ​lakukan posting saat jam istirahat atau di luar jam kerja! 
Jangan pernah upload dalam jam-jam sibuk kerja. Akibatnya, konten 
yang Anda buat dengan susah payah tidak akan terbaca dan hanya 
menghabiskan waktu Anda. 

Tiga, ​jaga hari-hari vital untuk posting. ​Sudah pasti Anda ketahui 
bahwa beberapa hari dalam satu minggu adalah waktu yang paling 
sibuk. Nah, dengan adanya analisa yang Anda dapatkan dari insight 
Instagram itu, Anda bisa menentukan hari apa yang maksimal untuk 
posting.  
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Later, hari yang paling efektif 
untuk posting adalah hari Rabu dan Kamis yang sangat efektif untuk 
mendapatkan engagement, dan hari Minggu adalah hari terburuk.  
Namun, jangan pernah berpatokan pada satu riset saja, yang terbaik 
adalah menganalisa insight Anda sendiri. 
Saya menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga 
dalam ​scheduling ​atau penjadwalan konten. Tujuannya, Anda tidak akan 
bingung dan khawatir saat Anda benar-benar sibuk sehingga tidak 
sempat untuk upload konten. 

Beberapa aplikasi ini sudah teruji sebagai aplikasi terbaik untuk jadwal 
posting: 
-Later 
-Buffer