BAB I
                                    PENGANTAR ISBD

A.    HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP ISBD
1. Hakikat ISD IBD
Secara garis besar ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi tiga macam,yaitu:
a. Ilmu alamiah (natural sciences)
b. Ilmu Sosial (social sciences)
c. Pengetahuan budaya ( the humanities)
ISBD mempunyai pokok yaitu hubungan timbale balik manusia dengan lingkungannya.
Adapun sasaran atau objek kajian ISD adalah sebagai berikut :
1. Masalah social yang dapat ditanggapi melalui pendekatan sebdiri maupun pendekatan antar
bidang.
2. Keanekaragaman golongan dan kesatuan social dalam masyarakat
Tujuan dari ISD sendiri yaitu membantu perkembangan wawasan pemikiran dan
kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
Ilmu Budaya Dasar (IBD) merupakan kelompok ilmu dan pengetahuan termasuk dalam
kelompok pengetahuan budaya.
Tujuan dari IBD adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas
wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal terhadap masalah-masalah budaya.
2. Ruang Lingkup ISD,IBD,dan ISBD
a. Ruang lingkup dari ISD adalah sebagai berikut :
1. Individu,keluarga,dan masyarakat.
2. Masyarakat kota dandesa
3. Masalah penduduk
4. Pelapisan social
5. Pemuda dan sosialisasi
6. Ilmu pengetahuan,teknologi,dan kemiskinan
b. Ruang lingkup yang disajikan dari IBD adalah sebagai berikut :
1. Manusia dan pandangan hidup
2. Manusia dan keindahan
3. manusia dan keadilan
4. Manusia dan cinta kasih
5. Manusia dan tanggung jawab
6. Manusia dan kegelisahan
7. Manusia dan harapan
c. Sedangkan ruang lingkup dari ISBD adala sebagai berikut :
1. Pengantar ISBD
2. Manusia sebagai makhluk budaya
3. Manusia dan peradaban
4. Manusia sebagai makhluk individu dan social
5. Manusia,keragaman,dan kesejahteraan
6. Moralitas dan hokum
7. Manusia,sains,dan teknologi
8. Manusia dan lingkungan

B.     ISBD SEBAGAI MATAKULIAH BERKEHIDUPAN
BERMASYARAKAT (MBB) DAN PENDIDIKAN UMUM.

1. ISBD merupakan kelompok MBB di Perguruan Tinggi
Menurut MENPEN RI nomor 232/U/2000tenteng pedoman penyusunan kurikulum
pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa,maka kajian dan pelajaran dicakup
dalam program studi yang dirumuskan dalam kurikulum yang terdiri dari :
a. Kelompok matakuliah pengembangan pribadi
b. Kelompok matakuliah keilmuan dan keterampilan
c. Kelompok matakuliah keahlian berkarya
d. Kelompok matakuliah perilaku berkarya
e. Kelompok matakuliah berkehiduapan bermasyarakat.
2. ISBD sebagai program pendidikan Umum ( General Education)
ISBD merupakan sebagai program umum yang bersifat mengantar mahasiswa yamg
memiliki kemampuan personal.
Kemampuan personal merupakan kaitan dengan kemampuan individu untuk menempatkan diri
sebagai anggota masuyarakat yang tidak terpisahkan dari masyarakat itu sendiri.
Programpendidikan umum yaitu untuk memperluas cakrawala.perhatian dan pengetahuan
para mahasiswa sehinggan tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian serta golongan asal masing-masing.


C. ISBD SEBAGAI ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH SOSIAL BUDAYA

ISBD sebagai integerasi dari ISD dan IBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan kosep-konsep budaya kepada mahasiswa, sehingga mampu mengkaji masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya, sehingga diharapkan mahasiswa peka, tanggap, kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif.

Manusia dan Masalahnya
Setiap manusia memiliki masalah dan yang membedakan nya adalah volume dan jenis masalahnya. Manusia dapat dikatakan dewasa jika mampu menyikapi masalah – masalahnya.
Manusia memiliki masalah sosial, masalah sosial adalah suatu kondisi dimana terganggunya sebagian besar kehidupan masyarakat dan perlu dicari jalan pemecahannya.

Manusia memiliki masalah karena :
Perkembangan budaya, budaya berasal dari kata budi dan daya. Budi adalah akal, moral, sopan, tata krama. Sedangkan daya adalah unsur perbuatan jasmani/ kekuatan/ kemampuan untuk cipta, rasa, karya, karsa. Jadi perkembangan budaya adalah perkembangan akal, moral, kesopanan , tata krama dalam perbuatan jasmani agar mampu menciptakan, merasakan, membuat karya yang mampu digunakan oleh manusia itu sendiri.

Budaya dibagi menjadi :
1.Fisik
Semua budaya yang berbentuk benda.
2.Non fisik
Berupa aturan, norma, adat – istiadat, sistem sosial. Proses terjadinya aturan, norma, adat – istiadat atas dasar kesepakatan masyarakat setempat dan tidak bersifat universal. Akal yang membedakan manusia dengan mahluk lainnya.

Dalam ISBD juga mempelajari sistem sosial. Sistem sosial adalah seperangkat aturan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat, yang kadang berbenturan juga dengan budaya. Benturan budaya itu adalah priksi budaya ( karena memaksakan budaya/ norma/ kita dengan budaya/ norma orang lain.
Selain itu ISBD juga mempelajari mengenai sanksi. Intinya sanksi itu bersifat menyakitkan.

Sanksi terbagi menjadi :
1.Moral
Hati nurani yang dibayangi rasa bersalah dan berdosa.
2.Sosial
Sanksi dikucilkan masyarakat.
3.Hukum / fisik
Apabila melakukan pelanggaran aturan, norma, adat maka akan diproses dipengadilan dan dipenjara (KUHAP).




English :

CHAPTER I


                                    INTRODUCTION ISBD



A. THE BENEFITS AND SCOPE OF ISBD

1. The nature of ISD IBD

Broadly speaking science and knowledge are grouped into three kinds, namely:

a. Natural sciences

b. Social Sciences

c. Cultural knowledge (the humanities)

ISBD has a principal relationship between human and the environment.

The target or object of ISD study is as follows:

1. Social issues that can be addressed through both approach and inter approach

field.

2. Diversity of social class and unity in society

The purpose of ISD itself is to assist the development of insight and thought

the student's personality in order to gain a broader perspective of thought.

Basic Cultural Science (IBD) is a group of knowledge and knowledge included in the

cultural knowledge groups.

The purpose of IBD is to develop student personalities by extending

insight into thinking and critical ability to cultural issues.

2. Scope of ISD, IBD, and ISBD

a. The scope of ISD is as follows:

1. Individuals, families, and communities.

2. Community and city dandesa

3. The problem of the population

4. Social coating

5. Youth and socialization

6. Science, technology, and poverty

b. The scope presented from IBD is as follows:

1. Man and view of life

2. Man and beauty

3. human and justice

4. Man and love

5. Human and responsibility

6. Human and anxiety

7. Man and hope

c. While the scope of ISBD is as follows:

1. Introduction to ISBD

2. Man as a cultural being

3. Human and civilization

4. Humans as individual and social beings

5. Human, diversity, and prosperity

6. Morality and law

7. Human, science, and technology

8. Human and the environment



B. ISBD AS A MATAKULIAH LIFE

COMMUNITY (MBB) AND GENERAL EDUCATION.



1. ISBD is a group of MBB in Higher Education

According MENPEN RI number 232 / U / 2000 tenteng guide curriculum preparation

higher education and student learning outcomes, studies and lessons are covered

in the course of study formulated in the curriculum consisting of:

a. Group of personal development courses

b. Group of science courses and skills

c. Group of expertise in the course

d. Group of behavioral courses of work

e. Groups of subjects are socially united.

2. ISBD as a general education program (General Education)

ISBD is as a general program that is delivering students yamg

has a personal ability.

Personal ability is a link with the ability of individuals to place themselves

as a member of society inseparable from the community itself.

The general education program is to broaden the horizons of attention and knowledge

the students are not limited to the field of knowledge of expertise and the origin of each class.





C. ISBD AS ALTERNATIVE SOCIAL SOCIAL TROUBLESHOOTING



ISBD as an integeration of ISD and IBD provides the basics of social knowledge and cultural concepts to students, so as to study social, humanitarian, and cultural problems, so that students are expected to be sensitive, responsive, critical and empathetic for solutions to social and cultural problem solving wise.



Man and The Problem

Every human being has a problem and what distinguishes it is the volume and type of problem. Humans can be said adults if able to address the problems - the problem.

Humans have social problems, social problems is a condition where disruption of most people's lives and need to find a way of solving it.



Humans have problems because:

The development of culture, culture comes from the word of mind and power. Budi is resourceful, moral, polite, etiquette. While power is the element of physical deed / strength / ability to invent, taste, work, intention. So the development of culture is the development of reason, morals, modesty, etiquette in physical deeds in order to be able to create, feel, create works that can be used by humans themselves.



Culture is divided into:

1.Fisik

All cultures are shaped objects.

2.Non physical

They are rules, norms, customs, social systems. The process of the occurrence of rules, norms, customs based on the agreement of the local community and not universal. Reason that distinguishes human beings with other creatures.



The ISBD also studies the social system. The social system is a set of rules that apply in people's lives, which sometimes clash with the culture. Cultural clashes are cultural predictions (because they impose culture / norms / us with the culture / norm of others.

In addition, ISBD also learn about sanctions. The point is that sanctions are painful.
Sanctions are divided into:

1.Moral
Conscience overshadowed by guilt and sin.
2.Social
Sanctions are excommunicated by the public.
3.Law / physical
If a violation of the rules, norms, customs will be processed in court and imprisoned (KUHAP).


semoga postingan ini ada manfaatnya
*postingan ini sangat membantu dalam mata kuliah ilmu sosial dan budaya dasar
sering-sering kesini yahhhhh

update setiap hari loehhh.......