Assalamu’alaikum, Sahabat Instagram. 
Saya sempat khawatir ​sih​ sama beberapa bisnis Instagram yang bahkan 
nggak ​sadar apa yang dilakukannya itu salah. 
“Thoughts without contents are empty; Intuition without concepts 
are blind…” 
~ Immanuel Kant 
Beruntungnya, kini kita kembali dijaga oleh Allah dari kegagalan. Marilah 
sejenak bersyukur atas apa yang telah diberikan kepada kita sehingga 
kita masih bisa berusaha untuk mencapai tujuan kita. 
Kekhawatiran saya beberapa kali terwujud karena pelaku bisnis di 
Instagram ​nggak ​memperhatikan kelangsungan perkembangan 
bisnisnya. Mereka masih belum bisa menahan ​mindset ​untuk 
mengalahkan ego mereka dalam bermain Instagram. 
Dengan begini, mereka lupa pada tujuan utama mereka dalam 
Instagram itu apa. Sehingga konsep bisnis yang sudah tertanam 
tiba-tiba hilang. 
Salah satunya adalah dengan adanya fakta bahwa beberapa kali 
mereka tidak mengetahui betapa pentingnya sebuah konten dan hanya 
upload konten yang menurut mereka ​‘bagus’ ​saja. 
Dalam beberapa saat, mereka upload konten yang sangat bagus. 
Kemudian, tidak lama lagi, mereka justru upload konten yang tidak 
mencerminkan siapa mereka dan bahkan cenderung tidak ada 
hubungan dengan brand. 
Jadi, konten mereka terkesan random. 

Padahal dalam materi sebelumnya, ​niche untuk mendapatkan 10K 
followers organik​, salah satu kunci utama keberhasilan suatu bisnis 
ditentukan oleh ​konsistensi​
Disinilah pentingnya sebuah ​optimasi konten​
Saya mengerti kalau kadang kala, Anda merasa kekurangan ide untuk 
membuat konten. Saya juga sadar membuat konten itu ​nggak ​semudah 
melihatnya aja. 
Jadi gimana dong solusinya? 
Mengingat konten ini sangat penting perannya dalam bisnis sukses di 
Instagram, saya menekankan agar mengurangi dan menghapus 
kebiasaan upload konten random. 
Namun setelah saya pelajari lebih lanjut, ada 7 konten penting yang bisa 
Anda manfaatkan untuk memaksimalkan optimasi konten Anda. 
#1 Foto yang profesional dan berkualitas 
Yang saya maksud dengan konten yang profesional adalah konten yang 
memperhitungkan nilai estetika dan keindahan. Disini, Anda bisa 
mendapatkan suatu komposisi foto yang benar-benar fantastis dengan 
menggunakan jasa fotografer. 
Namun, jika Anda rasa tidak memerlukan fotografer, beberapa macam 
aplikasi bisa menjadi solusi. 
Berkualitas artinya konten yang Anda sajikan bisa mewakili ​value ​brand 
dan perusahaan. Dengan begini, konten itu memang berhasil 
menyalurkan isi pesan yang Anda maksud. 
Kombinasi dari kedua fungsi tersebut bisa menjadikan konten Anda 
benar-benar fantastis dari value dan estetika. 

Bahkan, Anda juga bisa menggunakan foto produk yang sedang 
digunakan customers. Dengan begitu, tingkat kepercayaan atau ​trust 
brand Anda akan semakin tinggi di mata masyarakat dan customer 
lainnya. 
#2 Behind-the-scene 
Dalam beberapa modul di berbagai kursus online yang saya ikuti, 
behind-the-scene ​selalu menjadi alternatif dalam masalah konten. 
Beberapa pilihan ​behind-the-scene​ yang bisa menjadi senjata dalam 
pemilihan konten adalah kegiatan di perusahaan, pembuatan suatu 
produk, dan interaksi dalam suatu perusahaan. 
#3 Gunakan wajah Anda! 
Strategi ini digunakan untuk menarik perhatian followers dengan 
you-to-me​. Jadi, mereka yang sudah follow Anda akan tertarik lebih 
lanjut untuk mencari tahu bagaimana Anda dan perusahaan bekerja. 
Kenapa saya sarankan Anda untuk menggunakan foto asli Anda dalam 
beberapa kesempatan?  
Ya, karena followers dan fans Anda akan tertarik dan mencari tahu lebih 
tentang Anda. Mereka akan bisa berinteraksi lebih intens dengan Anda 
karena konten Anda menunjukkan profesionalitas dan personalitas. 
#4 Quotes 
Selanjutnya, ​Quotes​ bisa menjadi konten Anda yang sangat ​powerful​
Kebanyakan dari pengguna Instagram hanya menggunakan quotes ini 
sebagai konten saat mereka kehabisan ide untuk posting. Namun, 
dibalik itu ada pengaruh yang sangat kuat yang muncul dari quotes ini. 
Ambil saja @Zappos sebagai contoh. Akun ini menggunakan banyak 
quotes sebagai konten dan terbukti banyak engagement yang dia 
dapatkan.  
Dengan quotes yang sesuai dengan ​niche ​bisnis, Anda bisa menarik 
customer dan followers untuk berinteraksi dan mereka akan menunggu 
postingan Anda berikutnya. 

Untuk mempermudah Anda dalam menemukan quotes, beberapa 
referensi berikut bisa menjadi senjata: 
#5 Humor 
Pilihan konten ke-5 adalah ​humor​. Berdasarkan penelitian dan materi 
dari Udemy, pengguna Instagram menarik followers mereka untuk 
mengetahui dengan siapa mereka berinteraksi adalah melalui foto 
hewan dan pemiliknya. 
Contoh saja, Anda memasang foto Anda bersama kucing. Lantas, 
followers dan fans Anda akan terangsang untuk mencari tahu, apakah 
akun itu milik kucing atau milik Anda.  
Lebih keren lagi, mereka akan kepo siapa Anda sebenarnya dan apa 
pekerjaan Anda sehingga Anda membawa kucing dalam foto tersebut. 
Faktanya, kebanyakan pengguna Instagram saat ini sangat menikmati 
konten humor. Dan mereka sangat suka jika feed suatu akun Instagram 
dipenuhi dengan tema dan konten yang lucu. Untuk itulah, saat ini 
booming sekali konten yang berupa Gags dan meme. 
Apakah Anda juga salah satu penggemarnya?  
Jika Anda belum punya gambaran, silahkan untuk mengunjungi 
beberapa akun Instagram berikut ini: 


#6 Video 
Konten menarik selanjutnya adalah ​video​. Ya, seperti bukan rahasia lagi 
kalau saat ini adalah video era. Banyak sekali platform yang muncul 
dengan fokus utama video. Bahkan juga video kini sudah bisa 
menghasilkan uang sehingga banyak yang berkeinginan menjadi 
YouTuber. 
Hal itu juga bisa terjadi di Instagram. Kenapa Instagram kini 
mengeluarkan Instagram Story?  
Jelas karena Instagram juga ingin menguasai pengguna social media 
kan. Faktanya, pengguna Instagram juga banyak yang lebih memilih 
menonton video di Instagram karena praktis dan mudah digunakan. 
Jadi, Anda juga sangat saya anjurkan untuk upload konten video yang 
berkualitas. Video yang Anda upload sebagai Instagram story akan 
sangat berguna karena kualitas itu akan menempatkan Anda di urutan 
pertama dalam feed followers Anda. 
Sehingga kesempatan konten itu akan dilihat jauh lebih banyak daripada 
konten feed. Kenapa? Karena feed hanya bertahan 8 detik sebelum 
tergeser ke bawah oleh konten yang baru. 
Bagaimana jika Anda tidak punya crew atau tim khusus untuk video ini?  
Gampang sekali. Anda bisa menggunakan Instagram story tersebut 
karena pada dasarnya Instagram story dan Instagram Live didesain 
khusus untuk video yang tidak dipoles. Artinya, followers dan fans Anda 
mau tahu Anda secara otentik. 
#7 Konten Viral 
Terakhir, Anda bisa mengangkat tema tentang apa yang sedang terjadi. 
Apakah Anda pernah tahu tentang ​konten​viral​? Jika ya, apakah unsur 
utamanya? Pasti issue yang masih hot kan? 
Jika dalam social media lain saja konten ini bisa viral dan banyak yang 
suka dan comment, kenapa tidak Anda coba di Instagram. Justru 
dengan konten ini, Anda akan bisa mendapatkan rate engagement yang 
sangat tinggi karena tidak menutup kemungkinan kalau konten Anda itu 
akan banyak di share oleh followers. 

Kenali behaviour atau tindakan followers dan pengguna Instagram serta 
social media lainnya saat ini bahwa mereka sangat suka share konten 
yang menurut mereka bagus dan menarik untuk dibaca teman dan 
followers mereka.  
Namun, memang sih dalam mencari konten yang viral ini cukup sulit jika 
Anda tidak peka. Jangan khawatir! Anda bisa menggunakan aplikasi 
trend di internet seperti ​buzzumo ​untuk menemukan berita hot yang 
Anda mau. 
Terus gimana kalau kehabisan waktu karena fokus di desain?  
Tenang saja, Sahabat Instagram. 
Anda ​nggak ​perlu khawatir untuk ​sources ​atau sumber gambar. Dalam 
istilah Instagram, ada 2 macam jenis sumber gambar yang umum 
dipakai, yaitu ​curated content ​dan ​created content​
Jadi, Anda bisa mendesain sendiri konten (​created content​) atau 
menggunakan desain yang dibuat oleh pengguna lain atau desain yang 
Anda dapat dari internet (​curated content​). 
Tapi, saya menyarankan untuk upload ​created content ​dan ​curated 
content​ dengan perbandingan 30%: 70%.